Selasa, 25 Januari 2011

Poso Megalith

Situs Megalith
Lokasi
Lokasinya berada di Iembah Besoa dan Bada, Bidang Pengelolaan Wilayah III Poso TNLL-kecamatan Lore Selatan.
Daya Tarik
Di dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu dan beberapa tempat di sekitar batas kawasan, terdapat ratusan benda-benda megalith dalam berbagai bentuk, tersebar di Lembah Napu, Besoa dan Lembah Bada. Benda-benda tersebut dianggap merupakan monumenmonumen batu terbaik diantara patung-patung sejenis di Indonesia pada jamannya. Disamping terbuat dan batu padat, pengerjaan yang halus dan sederhana, megalith terlihat anggun dan terbuat dan batu granit.

Berdasar penelitian arkeologi, megalith-megalith tersebut diperkirakan berasal dan tahun 3.000 SM dan yang termuda dibuat pada sekitar tahun I .300 Sesudah Masehi. Patung-patung megalith ini diperkirakan sebagai patung-patung pemujaan oleh manusia di jamannya.
Megalith memiliki beragam ukuran, dan yang paling tinggi sekitar 4 meter, sedangkan kebanyakan memiliki ukuran tinggi sekitar 1 ,5 sampai 2,5 meter.
Berdasarkan bentuknya, megalith diklasifikasikan, sebagai berikut:
Patung/arca batu. Patung-patung ml memiliki bentuk menyerupai manusia, namun hanya bagian kepala pundak, mata dan organ kelamin yang dapat terlihat secara jelas.
Kalamba. Batu megalith yang menyerupai jambangan besar, diperkirakan sebagai tempat penampungan air atau tempat menaruh mayat para bangsawan.
Tutu'na. Batu megalith ini merupakan penutup kalamba yang berupa piringan-piringan besar, dengan tonjolan di bagian tengahnya.
Dakon. Berbentuk batu pipih yang rata, pada permukaannya terdapat lubang-lubang kecil, saluran dan lekukan-lekukan tetapi tidak teratur.
Lain-lain. Batu lesung, batu altar, tiang penyangga rumah dan batu yang berbentuk binatang seperti monyet, kerbau dan bentuk-bentuk lain.
Lokasi-lokasi tempat ditemukannya Megalith, yaitu :
Doda
Tidak jauh dan desa Doda, dapat ditemui megalith berupa patung Tadulako. Merupakan patung laki-laki tegak, yang dinamakan menurut nama pahlawan gagah berani yang selalu memenangkan peperangan dalam legenda Kaili dan Kulawi.
Hanggira
Terletak di komplek "Pokekea", sekitar 2 kilometer dari pusat desa, lokasi ini memiliki 30 megalith, termasuk megalith berupa patung laki-laki tegak dan beberapa kalamba besar.
Tuare
Jalan setapak menuju Pokekea Terdapat satu buah kalamba yang bisa ditemukan di sini.
Lengkeka
Sekitar 2 kilometer dan pusat desa, terdapat komplek megalith Suso, termasuk komplek Seppe
(berjarak I km), dan beberapa megalith lainnya.
Gintu
Di lokasi ml, terdapat sebuah megalith bernama "Taraeroi". Di desa ini juga dapat ditemukan kuburan kristiani pertama di Lembah Bada, sepasang suami dan istri.
Bewa
Situs "Watu Palindo" dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh I ,8 km.
Aksesibilitas
Situs Megalith Doda berjarak 157 km dari Palu dan dapat ditempuh dengan mobil selama ± 6 jam. Sedangkan Situs Bada, berjarak 300 km, dan perjalanannya melewati kota Poso dan Tentena jika menggunakan kendaraan roda empat, dan jika berjalan kaki dapat ditempuh melalui Doda.
Fasilitas
Terdapat shelter, jalan setapak menuju lokasi megalith dan penginapan serta rumah makan di sekitarnya dan juga pemandu lokal. (untuk mengunjungi lokasi megalith ini, disarankan untuk menggunakan pemandu lokal).
Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar